Sejarah dan Kekhasan Himawari Daycare

Apa yang membuat Himawari Daycare berbeda dari daycare lainnya?

Ibu Gita menjelaskan tema di atas di kesempatan Halal bi Halal via zoom antara Ibu Gita selaku pendiri Himawari Daycare dengan orang tua murid Himawari pada tanggal 22 Mei 2022. Selain tema itu, pada acara tersebut Ibu Gita juga menjelaskan sejarah berdirinya Himawari Daycare. Silakan klik Youtube ini untuk melihat rekaman acara tersebut: 

 

SEJARAH HIMAWARI DAYCARE

Ibu Gita dan Pak Iko menikah dan mempunyai dua anak selagi mereka masih menempuh S2 dan S3 di Tokyo, Jepang. Otomatis keluarga kecil di perantauan ini membutuhkan jasa penitipan anak. Saat itu di Jepang tahun 2001 jumlah daycare masih terbatas. Pemerintah Jepang mensupport daycare dengan memberikan biaya pengasuhan dengan jumlah yang sudah ditentukan, per anaknya. Dikarenakan pembiayaan disupport oleh Pemerintah Jepang, maka pendaftaran anak yang mau masuk ke daycare juga dilakukan melalui pemerintah setempat setingkat Kecamatan.

Jumlah daycare yang masih terbatas dan dibiayai oleh pemerintah ini, mengakibatkan adanya seleksi yang ketat terhadap anak yang diterima. Biasanya yang diterima adalah anak dari guru, tenaga kesehatan, atau pun orang tua yang bekerja untuk kepentingan masyarakat. Alhamdulillah Ibu Gita dan Pak Iko beruntung karena mendapatkan support dari Profesor tempat Ibu Gita kuliah. Profesor ini menulis surat yang sangat persuasif kepada kantor kecamatan urusan kesejahteraan yang mengatur urusan daycare ini. Di situ dituliskan bahwa kami berhak mendapatkan support dari pemerintah Jepang karena kami mahasiswa perantau yang jauh dari keluarga.

Alhamdulillah setelah menyelesaikan S3-nya, menjelang back for good ke Indonesia di bulan Mei 2008, Ibu Gita diminta presentasi di depan ibu-ibu Indonesia yang berada di Osaka, sebagai bentuk penghargaan atas dukungan mereka dan ibu-ibu di bagian wilayah Jepang lainnya selama Ibu Gita menyebarkan angket penelitian. Pada saat seminar itu lah, pertanyaan yang diajukan ibu-ibu Indonesia, menguatkan tekad Ibu Gita untuk membuat daycare Islami dengan metode Jepang, di Indonesia.

KEKHASAN HIMAWARI DAYCARE

Bila disederhanakan, maka kekhasan Himawari Daycare dapat dikumpulkan menjadi 3 bagian:

  1. Satu Ruang Kelas Untuk Satu Usia
  2. Pendidikan Holistik
  3. Kerjasama Daycare dengan Orangtua

Satu Ruang Kelas untuk Satu Usia, adalah metode yang digunakan di Kyorei Daycare yang kami adopsi sejak awal. Setiap anak memiliki kekhasan masing-masing. Namun demikian mereka juga mempunyai target khusus untuk dapat memenuhi pencapaian fase tumbuh kembangnya. Hal ini hanya dapat terpantau dengan baik jika satu ruangan hanya berisi anak-anak yang seusia saja. Misal kelas 0 tahun tentunya memiliki fase tumbuh kembang yang berbeda dengan kelas 1 tahun, dan begitu pula kelas-kelas seterusnya. Start tahun ajaran baru di Himawari adalah bulan Juli. Sehingga batasan kelas ditentukan antara anak yang lahir pada tanggal 30 Juni atau sebelumnya, akan menjadi beda kelas dengan anak yang lahir setelah 30 Juni. Tim kurikulum membuatkan target tumbuh kembang anak per usia yang akan dievaluasi setiap tiga bulan. Anak-anak yang belum mencapai target tumbuh kembangnya, akan diberikan konseling kepada ibu guru kelas tentang cara menanganinya dan jika diperlukan akan ada sesi konseling khusus dari psikolog Ibu Fina kepada orang tua anak tersebut. Alhamdulillah, dengan sistem ini, anak-anak di Himawari Daycare tumbuh cerdas dan ceria sesuai fase tumbuh kembang mereka.

Pendidikan Holistik, melingkupi pendidikan bahasa (verbal, literasi, sopan santun), fisik (motorik halus, kasar, makanan), mental dan ruhani (keberanian, percaya diri, suka beribadah, mencintai orang tua teman dan guru, dll), kognitif (logika matematika, kehidupan sehari-hari), imajinatif (bermain peran, menggambar, bercerita, melipat origami, membentuk clay tanah liat, dll), sosial (kemandirian, bekerjasama, empati, dll). Pendidikan holistik ini terus menerus diterapkan di dalam seluruh kegiatan yang ada di Himawari. Pendidikan holistik ini juga dirincikan ke dalam satuan penilaian, sehingga terpantau dengan baik oleh Himawari.

Kerjasama Daycare dengan Orangtua, sejak awal sudah Himawari sampaikan bahwa Himawari Daycare adalah partner orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak. Kegiatan kami di Himawari seperti program melepas pampers, dot susu botol, dan lain-lainnya agar dikerjakan juga di rumah, demi kesuksesan program ini. Bahkan untuk anak yang belum tercapai target tumbuh kembangnya, Himawari akan memberikan tugas kepada orang tua agar dilakukan bersama anak di luar daycare. Alhamdulillah selama ini, Himawari diberikan kemudahan oleh Allah membantu menyelesaikan masalah tumbuh kembang anak, dengan kerjasama yang baik bersama orangtua.

Demikian penjelasan singkat tentang Sejarah dan Kekhasan Himawari Daycare. Untuk penjelasan detail bisa disimak di Youtube di awal artikel ini. Di bawah ini foto peserta Halal bi Halal online tanggal 22 Mei 2022.

Terima kasih sudah menyimak artikel ini hingga akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.